CAR LIFE INSURANCE SELANGGARAKAN LITERASI KEUANGAN

UNTUK MAHASISWA UNPAR BANDUNG

 

 Whats App Image 2018-04-24 At 15.20.30

Direktur CAR Life Insurance, Antonius Probosanjoyo

Saat menyampaikan materi Literasi Keuangan : Indonesian Life Insurance Industry

 

Bandung, 06 April 2018 - dalam rangka mendukung dan melaksanakan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan literasi bagi masyarakat Indonesia, sebagaimana tertuang dalam POJK Nomor 76/POJK.07/2016. CAR Life Insurance kembali menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan untuk kalangan sivitas akademika. Setelah tahun lalu diselenggarakan di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, tahun ini CAR Life Insurance bekerja sama dengan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung mengadakan literasi keuangan dalam bentuk kuliah umum dengan mengangkat tema “Indonesian Life Insurance Industry”. Direktur CAR Life Insurance, Antonius Probosanjoyo menyampaikan secara langsung materi kuliah umum tersebut kepada 145 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan yang hadir. 

 

UNPAR060418 (10) (1)

Penyerahan plakat dan piagam antara Direktur Utama CAR Life Insurance, Freddy Thamrin dan DekanFakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan Prof. Dr. Hamfri Djajadikerta, Drs., AK., MM

 

Turut hadir pula dalam kuliah umum tersebut Direktur Utama CAR Life Insurance, Freddy Thamrin dan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan Prof. Dr. Hamfri Djajadikerta, Drs., AK., MM beserta jajaran pimpinan dan dosen.

 

Direktur Utama CAR Life Insurance, Freddy Thamrin dalam pembukaan kuliah umum tersebut mengatakan perkembangan Industri asuransi di Indonesia memiliki peran yang signifikan dalam mendukung terjadinya proses pembangunan nasional sebagaimana dinyatakan oleh otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal itu dilihat dari kontribusi perusahaan asuransi dalam menunjang pembangunan nasional.

 

UNPAR060418 (16) 

Direktur Utama CAR Life Insurance, Freddy Thamrin menyampaikan sambutan

 dalam pembukaan kuliah umum Literasi Keuangan : Indonesian Life Insurance Industry

 

Dalam materi kuliah umum yang dibawakan oleh Antonius, disampaikan perkembangan asuransi di Indonesia yang semakin bertumbuh di tahun 2017 lalu bahkan melonjak 21,7%. Pertumbuhan ini juga bisa dilihat dari makin banyaknya perusahaan asuransi asing yang masuk ke Indonesia baik dari Eropa, Amerika, dan Jepang. Ini menandakan mereka juga melihat pasar potensial di Indonesia.

 

Berdasarkan data OJK tahun 2016 jumlah perusahaan asuransi jiwa yang beroperasi di Indonesia mencapai 55 perusahaan dan asuransi umum 75 perusahaan. Menurut data yang dirilis oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), total pendapatan premi industri asuransi jiwa melonjak 29,8% secara tahunan pada 2016. Premi bruto industri asuransi nasional dan BPJS (asuransi sosial) pada 2017 tumbuh 19,7%. Sedangkan investasi industri asuransi konvensional hingga November 2017 mencapai Rp933,7 triliun. Investasi itu didominasi oleh Asuransi Jiwa dengan porsi 46,98% dan asuransi sosial 33,47%.

 

UNPAR060418 (33) 

Foto bersama para mahasiswa dan dosen yang hadir

 

Tujuan Literasi Keuangan tersebut adalah untuk memperkenalkan industri asuransi jiwa dan dana pensiun lembaga keuangan di Indonesia. Berdasarkan data laporan Triwulan IV tahun 2017 yang dirilis OJK, tingkat penetrasi asuransi masyarakat masih rendah yaitu 3,11 persen dari Produk Domestik Bruto (GDP). Sebagaimana diketahui populasi penduduk Indonesia didominasi oleh usia produktif. Oleh karena itu, sasaran strategis Literasi Keuangan CAR Life Insurance adalah mahasiswa dan pemuda, yaitu sinergi dengan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia yang dicanangkan oleh OJK tahun 2017 (SNLKI Revisit 2017).