CAR Life Insurance

Sponsorship Panas Pela Negeri Amahai – Ihamahu 2016

 

Kegiatan Literasi Keuangan

 

Literasi Keuangan CAR Life dalam rangkaian kegiatan Panas Pela Amahai - Ihamahu 2016

 

 

CAR Life Insurance menjadi sponsor dalam acara kebudayaan Panas Pela Negeri Amahai - Ihamahu 2016 di Seram Selatan, Maluku Tengah pada tanggal 22 – 23 September 2016. Keikutsertaan CAR Life Insurance ini merupakan salah satu bentuk nyata dukungan dan kepedulian terhadap pelestarian budaya nusantara. Hal tersebut juga sejalan dengan misi CAR Life untuk menjadi perusahaan yang memberikan kontribusi positif kepada komunitas dan masyarakat (Empowerment to Community).

 

Pela adalah suatu sistem hubungan sosial yang dikenal dalam masyarakat Maluku, berupa suatu perjanjian hubungan antara satu negeri (sebutan untuk kampung atau desa) dengan negeri lainnya, yang biasanya berada di pulau lain dan kadang juga menganut agama lain di Maluku. Biasanya satu negeri memiliki paling tidak satu atau dua Pela yang berbeda jenisnya.

Sistem perjanjian pela ini diperkirakan telah dikenal atau telah ada sebagai bagian kearifan lokal masyarakat Maluku sebelum masa kedatangan bangsa-bangsa Eropa, terutama Portugis dan Belanda; dan digunakan untuk memperkuat pertahanan terhadap penyerangan bangsa Eropa yang pada waktu itu melakukan upaya monopoli rempah-rempah.

Untuk mengenang dan memperkuat hubungan sosial kemasyarakatan yang berawal sejak tahun 1889, kedua negeri yang berpela di Maluku Tengah yaitu Amahai di Pulau Seram dan Ihamahu di Pulau Saparua pada bulan September 2016 menggelar pesta budaya yang disebut Panas Pela.

Panas Pela buka hanya mempertahankan dan memperkuat hubungan sosial kemasyarakatan, tapi juga melestarikan “budaya Pela Gandong” yang hanya ada di Maluku dan satu-satunya budaya kekerabatan di dunia. Perayaan Panas Pela Amahai – Ihamahu rutin dilakukan tiap 9 tahun secara bergantian antara Amahei dan Ihamahu. Perayaan ini dilakukan dengan berkumpul selama satu minggu yang pada umumnya diramaikan dengan pertunjukan menyanyi, dansa dan tarian tradisional serta acara lain seperti makan patita (makan perdamaian). Adapun tahun ini Panas Pela tersebut di selenggarakan di Amahai.

 Pengobatan

Corporate Social Responsibilty (CSR) : Penyelenggaraan Pengobatan Massal

Selain sebagai sponsor, dalam rangkaian kegiatan Panas Pela ini CAR Life Insurance juga turut melakukan Corporate Social Responsibility berupa bakti sosial pengobatan massal untuk masyarakat sekitar. Di samping itu, CAR Life insurance pun memberikan Literasi Keuangan yang bertujuan agar masyarakat dapat memahami dengan benar manfaat dan risiko, mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini bahwa produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih dapat meningkatkan kesejahteraan.