JOB DESCRIPTION

  1. Analisis Pengumpulan Persyaratan: melakukan observasi/studi/interview dengan user/klien untuk pengumpulan kebutuhan pembuatan/pengembangan sistem informasi perusahaan.
  2. Desain Solusi:
    • Melakukan analisa atas kebutuhan pembuatan/pengembangan sistem informasi dari user/klien, dan membuat rekomendasi penambahan/penyesuaian/perbaikan fungsi atas sistem informasi perusahaan yang terdampak.
    • Menerjemahkan proses bisnis user/klien ke dalam bentuk dokumen spesifikasi – seperti Business Requirement Document atau Functional Spesification Document - yang dapat dimengerti baik oleh user/klien maupun tim pengembang aplikasi, seperti Programmer, Database Administrator, Network Administrator dan tim IT lainnya ataupun vendor.
  3. Testing & Quality Assurance:
    • Membuat skenario pengujian aplikasi dan melakukan pengujian terhadap aplikasi (System Integration Test).
    • Mendampingi user/klien selama proses pengujian aplikasi (User Acceptance Test).
  4. Proyek:
    • Membuat rencana dan estimasi sumber daya yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem informasi, seperti ruang lingkup, upaya dan proyeksi biaya.
    • Bekerjasama dengan Project Manager dalam hal pembuatan perencanaan dan implementasi proyek.
    • Berkoordinasi dengan pihak ketiga (vendor/outsource/partner bisnis) apabila pengembangan sistem informasi melibatkan pihak ketiga.
  5. Support: Menangani komplain user/klien atas bug pada aplikasi dengan melakukan analisa masalah dan berkoordinasi dengan bagian IT lain terkait untuk penyelesaian masalahnya.
  6. Perbaikan Berkelanjutan:
    • Menganalisis proses bisnis untuk mengidentifikasi area yang membutuhkan peningkatan dan efisiensi.
  7. Mengusulkan solusi berbasis teknologi untuk meningkatkan performa sistem.
  8. Pelaporan: Membuat laporan pekerjaan secara berkala

 

KETERAMPILAN & KUALIFIKASI

  1. Latar Belakang PendidikaN
    • Minimal gelar Sarjana (S1) di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Teknik Komputer, atau jurusan terkait.
  2. Keterampilan Teknis
    • Pemahaman tentang siklus hidup pengembangan sistem (SDLC) dan metodologi seperti Waterfall atau Agile.
    • Mampu membuat use case, flowchart atau Business Process Model and Notation (BPMN).
    • Menguasai aplikasi Microsoft Office: Excel, Word dan PowerPoint.
    • Menguasai bahasa pemrograman / markup / scripting: SQL, HTML, CSS.
    • Memiliki pengetahuan tentang sistem basis data, API, dan arsitektur aplikasi.
    • Menguasai bahasa pemrograman .Net / JAVA / COBOL dan menguasai sistem operasi AS400 adalah nilai tambah.
    • Memiliki pemahaman tentang pengujian perangkat lunak yang mengikuti kaidah ISTQB adalah nilai tambah.
  3. Keterampilan Non-Teknis
    • Memiliki keterampilan analisis yang kuat untuk memahami kebutuhan bisnis.
    • Kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik untuk menjelaskan solusi teknis kepada tim non-teknis.
    • Pengalaman dalam pembuatan dokumentasi, termasuk BRD, FSD, SIT, dan UAT.
    • Kemampuan menyelesaikan masalah dengan baik.
    • Berorientasi pada detail dan mampu bekerja di bawah tekanan.
    • Keterampilan kepemimpinan untuk memfasilitasi diskusi dan mendorong solusi yang tepat waktu.
  4. Pengalaman
    • Pengalaman minimal 2 tahun sebagai IT Business Analyst / System Analyst / Developer / Software Tester.
    • Pengalaman bekerja dalam lingkungan multi-proyek.
Upload File