Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Di tahun 2022, dengan pandemi Covid-19 yang makin mereda, Perusahaan meneruskan komitmen untuk menjalankan tanggung jawab sosial dengan memberi kontribusi positif kepada komunitas dan masyarakat di manapun kantor Perusahaan berada. Hal ini sebagai wujud dari misi 'Empowerment to Community', yakni “menjadi perusahaan asuransi yang memberikan kontribusi positif kepada komunitas dan masyarakat". Ini merupakan moment of truth bagi Perusahaan.
Dari tahun ke tahun Perusahaan senantiasa meningkatkan tanggung jawab sosial kami kepada komunitas dan masyarakat dan mengupayakan yang terbaik. Kontribusi positif kami kepada komunitas maupun masyarakat pada umumnya meliputi:
Bantuan Sosial. Bantuan sosial melalui CAR Peduli merupakan program rutin yang diberikan ketika terjadi bencana alam atau bencana lain. Penggalangan dana melibatkan karyawan perusahaan agar turut serta untuk peduli kepada sesama. Bantuan sosial perusahaan dilakukan pada Bulan Suci Ramadhan dengan memberikan santunan kepada anak yatim yang dilakukan bersamaan dengan acara buka bersama maupun keterlibatan lain dalam rangka Bulan Suci Ramadhan, kunjungan ke panti-panti sosial dan memberikan layanan kesehatan gratis. Bantuan sosial juga memberikan asuransi gratis kepada golongan masyarakat tertentu dan sekaligus memberikan literasi dan edukasi asuransi/keuangan agar mereka lebih mengenal dunia asuransi dan keuangan.
Bantuan Dana Pendidikan dan Beasiswa. Bantuan pendidikan dan beasiswa dan kerja magang bagi pelajar-pelajar yang akan melanjutkan pendidikan tinggi dalam bidang pendidikan asuransi, khususnya pendidikan asuransi jiwa, merupakan program rutin setiap tahun yang dijalankan Perusahaan. Dengan program ini diharapkan mereka dapat memadukan ilmu yang diperolehnya dengan pekerjaan yang terencana dan terkendali. Perusahaan telah membuka peluang dengan bantuan praktik kerja di kantor bagi siswa-siswa sekolah kejuruan untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman kerja, yang bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikannya.
Community Care merupakan bentuk keterlibatan karyawan Perusahaan dalam kegiatan aktivitas sosial sehingga karyawan akan selalu dekat dengan masyarakat di sekitar. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari edukasi dan literasi asuransi kepada masyarakat untuk memahami tentang arti dan pentingnya asuransi dalam kehidupan sehingga mereka bisa lebih bijak dalam menyikapi kehidupan finansialnya.
Tanggung jawab sosial perusahaan, khususnya dalam memberikan bantuan-bantuan sosial maupun pendidikan atau beasiswa dengan melakukan perbaikan-perbaikan baik dari bentuk kegiatan maupun jumlah dana yang disiapkan akan tetap menjadi bagian yang harus diwujudkan secara berkelanjutan. Agar bantuan sosial dan bentuk kegiatan menjadi tepat sasaran kami senantiasa bekerja sama dengan lembaga-lembaga sosial. Selama tahun 2022 Perusahaan konsisten melakukan kegiatan pendidikan dan pengetahuan literasi tentang keuangan dan asuransi secara di berbagai kota yang diselenggarakan secara virtual. Setiap tahun kegiatan literasi ini akan terus diperluas menjangkau masyarakat dan juga ditingkatkan kegiatannya dengan memanfaatkan teknologi terkini.
Pandemi Covid-19 yang melanda sejak akhir 2019, terus berlanjut di tahun 2021 dan mulai mereda di tahun 2022, telah menjadi perhatian perusahaan kepada masyarakat yang terdampak. CAR telah menerapkan langkah pencegahan penularan pandemi Covid-19 kepada masyarakat maupun menerapkan protocol kesehatan karyawan dengan mengurangi jam kerja atau hari kerja, mengatur jarak fisik dan sosial, maupun memberikan bantuan sosial untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak. Dalam menyikapi untuk meredam penyebaran pandemi Covid-19 sebagai bagian tanggung jawab sosial perusahaan, Tim Gugus Tugas Penanggulangan Penyebaran Pandemi Covid-19 yang dibentukan Perusahaan telah telah melakukan tugasnya dengan baik dalam upaya meredam penyebaran pandemi Covid-19 di lingkungan Perusahaan maupun masyarakat sekitar. Segala upaya pencegahan telah dilakukan oleh Tim dengan, mulai dari pemberian informasi protokol kesehatan, pemberian vitamin, seminar-seminar tentang kesehatan, serta berpartisipasi dalam program vaksinasi kepada masyarkat.
Setiap Ramadhan, Perusahaan ikut menyemarakan suasana Bulan Suci Ramadhan dengan membagikan paket bahan pokok bagi warga sekitar gedung Kantor Operasional – Wisma CAR Life – dan membagikan iftar(takjil) bagi pengendara yang melintas di jalan raya sekitar gedung Kantor CAR Life Insurance.
Berkenaan dengan bencana alam gempa bumi yang telah terjadi di Cianjur - Jawa Barat, pada Senin, 21 November 2022, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mencatat 62 orang dinyatakan meninggal dunia dan akibat dari bencana tersebut banyak rumah warga yang mengalami kerusakan. Sebagai wujud dari kepedulian sosial, pada 2 Desember 2022 perusahaan menyalurkan bantuan berupa paket yang dibutuhkan para korban bencana.