"Perusahaan asuransi adalah perusahaan yang membangun komitmen, maka komitmen kami adalah melayani dan melindungi. because we do CARE"

 

Profil Perusahaan


PT AJ Central Asia Raya (CAR Life Insurance) didirikan tanggal 30 April 1975 berdasarkan Akta Notaris Ridwan Suselo no. 357, dengan modal IDR500 juta dan disahkan dengan Surat Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia No.Y.A.5/450/6 Tanggal 9 Desember 1975. CAR pertama kali mendapat izin usaha berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No.KEP.492/DJM/III-5/11/1975 Tanggal 15 November 1975. Setelah beberapa kali perpanjangan perijinan usaha, secara tetap dan tanpa batas Perusahaan mendapat izin usaha perasuransian dari Kementerian Keuangan R.I. Nomor: KEP-013/KM.13/1987, tanggal 18 Desember 1987. Perusahaan memiliki Unit Usaha Syariah berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan R.I. nomor KEP-070/KM.10/2007 tanggal 5 April 2007. Perusahaan juga merupakan pendiri Dana Pensiun Lembaga Keuangan Central Asia Raya (DPLK CAR) berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan R.I. nomor KEP-183/KM.17/1995, tanggal 4 Juli 1995. 

 

Sejak didirikan, Para Pendiri, seluruh Pemegang Saham, Dewan Komisaris dan Direksi telah berkomitmen untuk menjadikan Perseroan sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa yang terkemuka di Indonesia dan memberikan layanan yang tinggi. Banyak kemajuan dan prestasi yang telah dicapai CAR. Kemajuan dan pencapaian tersebut dapat diukur, kemudian disajikan dalam bentuk grafik dan dilaporkan dalam laporan keuangan CAR.

 

Tahun 2023 perseroan memiliki kekayaan lebih dari Rp11,26 trilyun, dengan risk based capital (RBC) lebih dari 120 persen. Perusahaan adalah satu-satunya perusahaan asuransi jiwa dan yang pertama berhasil meraih Platinum Award atas predikat ‘sangat bagus’ selama 10 (sepuluh) tahun berturut-turut dari majalah InfoBank. CAR meraih 16 Unit Link Awards untuk kinerja tahun 2015, 11 Unit Link Awards untuk kinerja tahun 2016, 22 Unit Link Awards untuk kinerja 2017, 17 Unit Link Awards untuk kinerja tahun 2018, 25 Unit Link Awards untuk kinerja tahun 2019. Selain itu majalah Investor memberikan penghargaan 9 Unit Link Awards untuk kinerja 2017, 12 Unit Link Awards untuk kinerja 2018, 11 Unit Link Awards untuk kinerja 2019, 17 Unit Link Awards untuk kinerja 2020, 19 Unit Link Awards untuk kinerja tahun 2021 dan 21 Unit Link Awards untuk kinerja tahun 2022. Sementara itu majalah Media Asuransi memberikan 8 Unit Link Awards untuk kinerja 2021, 8 Unit Link Awards untuk kinerja 2022 dan 7 Unit Link Awards untuk kinerja 2023. Kemudian Investortrust.id bekerja sama dengan PT Infovesta Utama memberikan 22 Unit Link Awards untuk kinerja 2023.

 

Kebijakan Privasi PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya


Kami, PT AJ Central Asia Raya dan DPLK Central Asia Raya (“PT AJ Central Asia Raya”) mengutamakan privasi dan penggunaan informasi pribadi Nasabah serta perlindungan terhadap kerahasiaan data Nasabah, pemrosesan data pribadi Nasabah, hak-hak yang Nasabah miliki, serta komitmen untuk memberikan kemudahan Nasabah dalam mengakses tentang informasi Kebijakan Privasi.  

 

Data pribadi adalah informasi tentang Nasabah termasuk namun tak terbatas pada: nama, tanggal lahir, dan detail kontak. PT AJ Central Asia Raya mengumpulkan data pribadi yang diperlukan untuk menyediakan produk atau layanan terbaik kepada Nasabah dan untuk mematuhi persyaratan hukum atau perjanjian. Dalam hal Nasabah tidak dapat memberikan data pribadi tertentu yang diperlukan untuk kepentingan produk dan/atau layanan kepada Nasabah, PT AJ Central Asia Raya tidak akan dapat memberikan produk dan/atau layanan kepada Nasabah. 

 

PT AJ Central Asia Raya dapat mengubah Kebijakan Privasi setiap saat dengan mengkinikan halaman Kebijakan Privasi pada situs web maupun aplikasi milik PT AJ Central Asia Raya. PT AJ Central Asia Raya menyarankan Nasabah untuk secara reguler memeriksa pada situs web dan aplikasi PT AJ Central Asia Raya, karena Kebijakan Privasi pada situs web dan aplikasi. PT AJ Central Asia Raya akan terus diperbaharui mengikuti perkembangan peraturan di Indonesia. 

 

Data Pribadi yang diproses 

  • Detail informasi seperti pribadi Nasabah dan kontak seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat, email, tanggal lahir, jenis kelamin, nama Ibu Kandung, anggota keluarga Nasabah; 
  • Informasi pekerjaan, Riwayat Kesehatan dan/atau informasi keuangan; 
  • Produk dan layanan PT AJ Central Asia Raya yang telah Nasabah gunakan dan Nasabah minati; 
  • Penggunaan produk dan layanan PT AJ Central Asia Raya, termasuk riwayat pengajuan dan pembayaran klaim serta perincian yang berkaitan dengan proses klaim dimaksud; 
  • Informasi tentang produk atau layanan yang digunakan oleh Mitra Pemasaran, seperti polis asuransi, perincian tabungan Nasabah dan/atau layanan dan produk keuangan lainnya; 
  • Informasi yang didapat dari pihak ketiga, di antaranya terkait Informasi catatan kesehatan/medis Nasabah, risiko asuransi, riwayat klaim dan informasi lainnya yang berhubungan dengan asuransi secara keseluruhan; 
  • Informasi terkait dengan perkara hukum termasuk namun tidak terbatas kepada hukum pidana seperti penipuan, utang, dan pencucian uang, pendanaan terhadap kegiatan illegal termasuk terrorisme, pendanaan terhadap profilerasi senjata pemusnah massal; 
  • Informasi tentang rincian finansial, seperti gaji dan pendapatan Nasabah, perincian tabungan Nasabah, perincian pengeluaran, dan metode pembayaran, informasi tentang status pekerjaan, jabatan, departemen dan institusi tempat Nasabah bekerja, status tempat tinggal dan/atau kewarganegaraan; 
  • Status pernikahan, gaya hidup atau keadaan sosial (jika relevan dengan produk dan layanan), termasuk, namun tidak terbatas pada, jumlah tanggungan yang Nasabah miliki atau jika status seorang janda atau duda; 
  • Informasi tentang Nasabah yang diperoleh dari analisis atau profil pelanggan, informasi pajak. 

 

PT AJ Central Asia Raya mendapatkan data pribadi dari sumber umum diantaranya: 

  • Dari Nasabah secara langsung, dan informasi apa pun dari keluarga, rekanan atau penerima manfaat dari produk dan layanan yang diajukan Nasabah; 
  • Informasi yang diberikan oleh Nasabah ketika menggunakan produk dan layanan PT AJ Central Asia Raya; 
  • Dari Tenaga Pemasar atau perantara lainnya (misalnya, broker, agen, distributor, mitra bisnis) yang bekerja sama dengan PT AJ Central Asia Raya untuk menyediakan produk atau layanan atau penawaran kepada Nasabah atau dari rekanan lainnya setelah mendapatkan persetujuan dari Nasabah; 
  • Dari Perusahaan grup atau afiliasi jika Nasabah sudah memiliki produk PT AJ Central Asia Raya, pernah mengajukan satu produk atau layanan atau pernah memiliki produk sebelumnya; 
  • Cookie, layanan lokasi, IP address ketika Nasabah mengunjungi situs web atau aplikasi seluler atau ketika Nasabah mengisi formulir kontak di dalam situs web atau aplikasi PT AJ Central Asia Raya; 
  • Pihak ketiga seperti Perusahaan Asuransi, Perusahaan Reasuransi, Tenaga Pemasar, vendor, Bank, Lembaga Keuangan Non-Bank, Tenaga Medis, Pengadilan atau catatan publik; 
  • Kuisioner dan detail kontak ketika Nasabah menghadiri survei, konferensi investor, roadshow atau ketika memperbarui formulir kontak di situs web PT AJ Central Asia Raya; 
  • Dari sumber lain seperti, perusahaan pemberi pinjaman, direktori dan informasi yang tersedia untuk umum (misalnya, direktori telepon, media sosial, internet, artikel berita), pemulihan hutang dan/atau agen penelusuran, organisasi lain untuk membantu dalam pencegahan dan deteksi kejahatan, kepolisian dan lembaga penegak hukum; dan 
  • Dari pihak ketiga yang bekerja sama dengan PT AJ Central Asia Raya lainnya yang memberikan informasi termasuk namun tidak terbatas pada informasi demografis, perincian kendaraan, riwayat klaim, informasi penipuan, daftar pemasaran, informasi yang tersedia untuk umum, dan informasi lainnya untuk membantu meningkatkan produk dan layanan PT AJ Central Asia Raya.

 

Bagaimana PT AJ Central Asia Raya Menggunakan Data Pribadi Nasabah dan Legalitas Pemrosesan Data Pribadi Nasabah 

PT AJ Central Asia Raya, dan pihak yang bekerja sama dengan kami, akan menggunakan data pribadi yang diberikan kepada kami, bersama dengan informasi lainnya, untuk tujuan berikut: 

 

Tujuan Pemrosesan Data Pribadi 

Pemrosesan data pribadi Bertujuan untuk membantu administrasi produk dan layanan PT AJ Central Asia Raya, selain itu juga untuk memenuhi kewajiban kepada Nasabah serta untuk memberikan layanan terkait dengan Nasabah sebelum pembelian suatu produk atau layanan. Administrasi produk dan layanan PT AJ Central Asia Raya termasuk, namun tidak terbatas pada: 

  • pengajuan permohonan asuransi; 
  • penerbitan Polis; 
  • penilaian risiko asuransi; 
  • kegiatan operasional PT AJ Central Asia Raya; 
  • pengajuan dan penanganan klaim atau pemeriksaan dan investigasi klaim; 
  • pembayaran manfaat Asuransi dan pembayaran klaim; 
  • keperluan ko-asuransi; 
  • penanganan pelayanan Nasabah termasuk keluhan/komplain; 

 

Penyediaan layanan Nasabah termasuk namun tidak terbatas pada permintaan informasi Nasabah, pemberitahuan dalam hal adanya perubahan informasi atau yang berkaitan dengan produk dan layanan yang Nasabah gunakan, pengambilan keputusan atau pembuatan profil otomatis. Menyimpan informasi Nasabah untuk menjalankan administrasi bisnis internal lainnya. Merancang dan menyediakan untuk Nasabah produk dan layanan asuransi, keuangan, dan produk dan layanan yang terkait. 

 

Selain untuk pelaksanaan perjanjian PT AJ Central Asia Raya dengan Nasabah hingga setelah perjanjian dengan Nasabah selesai, kepentingan selanjutnya adalah untuk pemenuhan ketentuan perundang undangan dan keperluan hukum lainnya seperti proses pengadilan (jika ada). Pemrosesan data pribadi memerlukan perjanjian dengan Nasabah atau dengan persetujuan dari Nasabah sebagai dasar hukum. 

 

PT AJ Central Asia Raya dan/atau Tenaga Pemasarnya mematuhi peraturan perundang-undangan dan proses hukum termasuk namun tidak terbatas pada yang berkaitan dengan perlindungan data pribadi, anti korupsi, anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme, pidana pendanaan profilerasi senjata pemusnah massal, penipuan, dan kejahatan keuangan lainnya, serta pelaporan kepada otoritas yang berwenang untuk kepatuhan dengan kewajiban hukum. 

 

PT AJ Central Asia Raya dan Tenaga Pemasar akan menggunakan data pribadi Nasabah bersama dengan informasi lain untuk mengirimkan tawaran pemasaran terhadap produk dan layanan PT AJ Central Asia Raya kepada Nasabah secara langsung maupun tidak langsung. Pemasaran dikirimkan melalui sarana elektronik seperti melalui telepon, email, media sosial maupun media elektronik lainnya dan media non elektronik termasuk melalui pos. PT AJ Central Asia Raya juga akan mengirimkan Nasabah pengenalan produk dan layanan dari pihak ketiga yang dipilih dengan cermat melalui pos. Dasar hukum untuk pemrosesan ini adalah persetujuan Nasabah. Apabila Nasabah hendak menarik sebagian persetujuan Nasabah terhadap penggunaan informasi pribadi untuk tujuan pemasaran produk dan layanan PT AJ Central Asia Raya secara langsung, dapat menghubungi Customer Contact Center melalui telepon di 021 56961929 dan e-mail ke lancar@car.co.id. 

 

Kepada Siapa dan Untuk Apa PT AJ Central Asia Raya Membagikan Data Pribadi Nasabah 

PT AJ Central Asia Raya akan membagikan informasi pribadi dan kesehatan Nasabah kepada mitra bisnis finansial/kesehatan yang bekerja sama dengan PT AJ Central Asia Raya dan penyedia layanan pihak ketiga termasuk namun tidak terbatas pada Perusahaan Asuransi, Perusahaan Reasuransi, Tenaga Pemasar, Kurir, Tenaga Medis, Pengacara, Bankir, Akuntan, Lembaga Keuangan, Wali Amanat dan Penyedia Layanan pihak ketiga lainnya yang memberikan administrasi, telekomunikasi, komputer, pembayaran, pencetakan, penukaran, atau layanan lain dalam tujuan menjalankan bisnis secara keseluruhan, perusahaan peninjauan tagihan medis, Perusahaan Investigasi Klaim, asosiasi dan federasi industri, Penasihat Profesional, Periset untuk tujuan apapun. PT AJ Central Asia Raya dapat menggunakan data pribadi Nasabah dan legalitas pemrosesan data pribadi Nasabah. PT AJ Central Asia Raya juga dapat meneruskan data pribadi Nasabah ke lembaga pencegahan kejahatan keuangan, badan hukum, atau Pemerintah sesuai dengan ketentuan perundangan. 

 

PT AJ Central Asia Raya dapat memproses data pribadi Nasabah di negara lain. Dalam hal PT AJ Central Asia Raya mentransfer data pribadi Nasabah, PT AJ Central Asia Raya akan menggunakan pengamanan yang tepat dan dengan mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan. 

 

Masa Penyimpanan & Pemrosesan Data Pribadi Nasabah 

Data pribadi Nasabah akan diproses selama masa hubungan kerja sama Nasabah sebagai nasabah dengan PT AJ Central Asia Raya. Dalam hal hubungan kerja sama Nasabah sebagai nasabah dengan PT AJ Central Asia Raya berakhir, maka pemrosesan data pribadi akan berakhir. PT AJ Central Asia Raya Data akan menyimpan data pribadi Nasabah dengan baik walaupun hubungan kerja sama sudah berakhir untuk suatu jangka waktu tertentu. Penyimpanan data dapat dilakukan lebih lama dalam hal adanya proses hukum yang berlangsung. 

 

Pemeriksaan Referensi 

PT AJ Central Asia Raya dapat menggunakan data Kependudukan dari Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil, atau informasi yang tersedia untuk umum, untuk membantu memeriksa identitas Nasabah, serta mencegah penipuan atau pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme serta pendanaan terhadap profilerasi senjata pemusnah massal sebagaimana ketentuan undang-undang termasuk, namun tidak terbatas pada, pemeriksaan pada alamat Nasabah saat ini atau sebelumnya. 

 

Penggunaan Data Pribadi Nasabah untuk Membuat Keputusan atau Profil Otomatis Nasabah 

PT AJ Central Asia Raya bersama dengan Tenaga Pemasar dapat menggunakan data pribadi Nasabah untuk membuat keputusan atau untuk melakukan profiling sepanjang tidak bertentangan dengan hukum terkait dengan Subjek Data Pribadi. 

 

Penggunaan Data Pribadi yang Bersifat Spesifik 

PT AJ Central Asia Raya perlu memproses data pribadi Nasabah yang bersifat spesifik untuk produk atau layanan tertentu, seperti informasi data dan informasi kesehatan, catatan kejahatan, data keluarga (termasuk anak), dan data keuangan pribadi Nasabah. 

 

Hak Nasabah sebagai subjek data pribadi 

Dalam hal penggunaan dan pemrosesan data pribadi Nasabah yang dilakukan oleh PT AJ Central Asia Raya, Nasabah memiliki hak untuk: 

  • Meminta akses dan salinan data pribadi untuk melengkapi, memperbarui, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan data pribadi sesuai dengan tujuan pemrosesan data pribadi; 
  • Mengakhiri pemrosesan, menghapus, memusnahkan data pribadi, menarik persetujuan pemrosesan data pribadi yang telah diberikan, menunda atau membatasi pemrosesan data pribadi. PT AJ Central Asia Raya berhak menolak permintaan penghapusan, pemusnahan, penundaan dan pembatasan dalam hal permintaan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal Nasabah mengajukan pengakhiran pemrosesan dan/atau penarikan persetujuan pemrosesan Data Pribadi, maka berakhir pula Produk dan Layanan PT AJ Central Asia Raya terhadap Nasabah. 

 

Hubungi Kami 

Dalam hal Nasabah ingin mendapatkan informasi terkait dengan subjek data pribadi atau jika memerlukan informasi lain tentang Kebijakan dan Privasi ini, Nasabah dapat menghubungi Customer Contact Center PT AJ Central Asia Raya melalui di 021 56961929 dan e-mail ke lancar@car.co.id