Tinjauan
Tinjauan Umum Tahun 2022
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa atas anugerah dan izin-Nya PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya - CAR Life Insurance - dapat menghadapi berbagai tantangan tahun 2022 dan menunjukkan hasil baik di tengah perlambatan ekonomi global.
Tahun 2022 pandemi Covid-19 di Indonesia mereda yang ditandai dengan pengumuman pencabutan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia pada akhir tahun 2022 oleh Presiden R.I. dengan beberapa persyaratan. Sejak tahun 2022 pertumbuhan ekonomi dunia melambat, ekonomi Indonesia mencatatkan konsistensi tren pertumbuhan yang sangat baik, bertumbuh 5,31 persen. Pertumbuhan ekonomi didominasi oleh negara-negara emerging market India, negara-negara berkembang di kawasan Asia, negara timur tengah, serta beberapa negara di eropa. Gejolak geo-politik di kawasan Eropa timur yang dimulai sejak akhir Februari 2022 - Rusia menginvasi Ukraina – masih berlanjut. Imbasnya harga-harga beberapa komoditi meningkat.
Bank Indonesia memperkuat sinergi dan inovasi kebijakan dengan Pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) guna menjaga ketahanan ekonomi dari risiko global tersebut dan terus mendukung keberlanjutan pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah mengarahkan kebijakan fiskal sebagai shock absorber untuk melindungi masyarakat, mendukung sektor prioritas, dan mendorong pemulihan ekonomi nasional termasuk melalui stimulus fiskal yang cukup besar untuk penanganan dampak Covid-19 dan stabilisasi harga domestik.
Menurut data Biro Pusat Statistik (BPS), Perekonomian nasional bertumbuh sebesar 5,31 persen, lebih tinggi dibanding capaian tahun 2021 yang mengalami pertumbuhan sebesar 3,69 persen. Geliat usaha berlanjut membaik dan didorong oleh perbaikan ekonomi domestik dan meredanya pandemi Covid-19. Pendapatan Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia pada tahun 2022 berada di level US$4.783,9. Dan diprediksi akan melampaui level US$5.000, pada tahun 2023. Peningkatan Pendapatan per kapita akan mendorong penurunan kesenjangan pendapatan yang akan diikuti dengan kualitas dan pemerataan pendapatan yang baik.
Nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika, selama tahun 2022 terus melemah, akhir tahun 2022 ditutup pada posisi IDR15.568. Aktivitas ekonomi bertumbuh yang diiringi laju inflasi tahun 2022 tercatat sebesar 5,51 persen (year-on-year), meningkat dibandingkan dengan inflasi tahun 2021 sebesar 1,87 persen (yoy). Inflasi yang meningkat di tahun 2022 tersebut berasal dari kelompok transportasi yang mencapai 15,26 persen dan memberikan andil 1,84 persen terhadap inflasi 2022. Komoditas penyumbang inflasi secara tahunan terbesar ialah bahan bakar minyak (BBM) dan tarif angkutan udara.
Pada saat laporan ini dibuat¸ pada awal tahun 2023 Pemerintah mengeluarkan regulasi sektor keuangan yaitu Undang-Undang No 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK). Ini akan mengubah tatanan sektor keuangan, di antaranya subsektor perbankan, asuransi, dana pensiun. Dari perusahaan asuransi dan dana pensiun dituntut untuk meningkatkan dan memperluas tanggung jawab perusahaan kepada pemangku kepentingan sebagai lembaga yang menghimpun dana masyarakat.
Sejak tahun 2018 industri asuransi mengalami pelemahan pertumbuhan pendapatan premi dan pelemahan ini terus berlanjut hingga tahun 2022 sebagai dampak pandemi Covid-19. Data yang dirilis oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melaporkan bahwa pada tahun 2022 total pendapatan industri asuransi jiwa turun sebesar 6,45 persen. Industri asuransi di Indonesia masih memiliki harapan besar untuk bertumbuh dengan membaiknya perekonomian Indonesia.
Kami patut bersyukur bahwa di tengah pelemahan industri asuransi:
Selama tahun 2022 Perseroan membukukan pendapatan premi sebesar IDR2,1 Trilyun. Penyokong terbesar perolehan premi adalah asuransi individu tradisional dan asuransi jiwa berjangka. Tetapi di tahun 2022 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan Surat Edaran Nomor 5 tahun 2022 yang mengatur penataan PAYDI Pengaturan ini sangat komprehensif dan menjadi pedoman bagi perusahaan perasuransian yang memasarkan PAYDI.
Total kekayaan perseroan tahun 2022 mencapai lebih dari IDR10,5 trilyun, terjadi penaikan sebesar 3 persen dibandingkan Tahun 2021 sebesar IDR10,22 trilyun, dengan porsi investasi sebesar IDR10,2 trilyun dan mengalami penaikan sebesar 2,74 persen dibanding tahun 2021 sebesar IDR9.93 trilyun. Sedangkan harta produktif (earning assets) yang terdiri dari investasi dan harta lancar adalah sebesar IDR10,27 trilyun atau 97,6 persen dari total kekayaan. Ini menunjukkan bahwa Perusahaan terus menjaga dan meningkatkan kesehatan dan likuiditas dengan komposisi earning assets di kisaran 96-98 persen dari total kekayaan. Hal ini menunjukkan bahwa Perusahaan selalu menjaga komitmennya kepada pemangku kepentingan dengan perbandingan yang lebih besar terhadap total kewajiban (liabilitas) kepada pemegang polis atau cadangan teknis, yakni sebesar IDR7,02 trilyun, dan ditunjukkan adanya ekuitas sebesar IDR3,1 trilyun.
Selama tahun 2022 Perusahaan berhasil mencatatkan pencapaian hasil investasi sebesar IDR632,8 miliar dan peningkatan aset investasi sebesar IDR272 Miliar di tengah meningkatnya pencairan dana investasi unit link.
Akhir tahun 2022, pencapaian tingkat solvabilitas (RBC) Perusahaan adalah 228 persen. Hal ini menunjukan perseroan dalam kondisi sangat sehat (solven) karena telah melampaui ketentuan yang dipersyaratkan yakni minimum sebesar 120 persen. RBC atau tingkat solvabilitas terhadap Modal Minimum Berbasis Risiko (MMBR) adalah salah satu faktor penting untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan sehingga perlu dijaga dalam batas aman untuk menunjang pertumbuhan perseroan.
Aparat marketing atau pemasar pada tahun 2022 jumlahnya mencapai 15.080 yang merupakan agen berlisensi, Perusahaan didukung oleh 46 kantor pemasaran individu dan kantor pemasaran korporasi, serta 35 kantor pelayanan nasabah, yang dikenal sebagai kantor - L@NCAR.Perusahaan juga memasarkan produk melalui saluran distribusi unit Retail Insurance untuk penjualan langsung (direct selling), baik melalui telepon atau secara daring. Perusahaan telah menetapkan rencana strategis untuk meningkatkan pertumbuhan premi yang lebih signifikan dan bergerak maju yang lebih inovatif agar tetap tumbuh di tengah kondisi ekonomi yang membaik paska pandemi Covid-19. Perusahaan akan mengembangkan suatu pola pemasaran yang lebih inovatif dalam rangka meningkatkan pertumbuhan premi.
Perusahaan terus mengembangkan distribusi pemasaran sebagai wujud arahan dan harapan pemegang saham dan manajemen sebagai upaya untuk terus mengembangkan layanan berkualitas yang dekat dengan para nasabah sehingga dapat memberikan layanan terbaik dan responsif, Perusahaan juga terus meningkatkan kerjasama dengan perbankan, perusahan pembiayaan, perusahaan penunjang usaha asuransi/broker asuransi, penjualan langsung serta rekrutmen keagenan 3i-networks dengan tenaga pemasar yang memiliki jaringan luas. Perusahaan melakukan inovasi komunikasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam upaya menyikapi kepatuhan terhadap protokol kesehatan.
Secara individual, masyarakat semakin memahami kebutuhan hadirnya sektor jasa keuangan dan juga proteksi diri. Hal ini sejalan dengan meningkatnya literasi keuangan masyarakat sebagai hasil sosialisasi yang dilakukan regulator dan industri. Perusahaan akan selalu berusaha menyediakan produk yang lebih memenuhi kebutuhan nasabah individu (perorangan), antara lain: asuransi berunsur investasi (PAYDI – produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi), asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi kecelakaan diri, asuransi seumur hidup, maupun asuransi kumpulan seperti asuransi kredit kepemilikan rumah, asuransi untuk kesejahteraan karyawan (employee benefits), asuransi kesehatan serta mengelola dana pensiun melalui DPLK. Upaya-upaya literasi juga dilakukan melalui manfaat teknologi informasi dan kerja sama pemasaran dengan pengembang FinTech.
Perkembangan Industri dunia teknologi informasi (TI) yang sangat cepat, mendorong Perusahaan terus mengikuti tren dari perubahan perkembangan TI. Trend teknologi di tahun 2022 maupun tahun mendatang adalah kesiapan dalam menghadapi perkembangan era kecerdasan buatan (Artificial Intelegent), Internet of things Digital Transformation (DX), terutama dalam institusi finansial dan industri perbankan, di antaranya adalah aplikasi berbasis fintech (financial technology).
Perkembangan teknologi berperan sangat penting dalam mendukung bisnis perusahaan secara konsisten dan dalam meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Era perkembangan teknologi saat ini sudah semakin maju, efektif dan efisien. Investasi CAR pada teknologi terkini difokuskan pada peningkatan layanan kepada nasabah, penyempurnaan layanan secara daring (online). Perusahaan telah memilih dan memanfaatkan inovasi teknologi untuk kemaslahatan bersama; berinvestasi secara substantif untuk teknologi baru. Selama tahun 2022 Perusahaan terus membangun serangkaian proyek-proyek TI yang akan menopang lanskap TI yang efektif dan efisien. Rintisan telah dimulai dalam penjualan produk individu melalui keagenan 3i-networks dan retail insurance akan terus ditingkatkan, dan juga penjualan daring (online).
Pusat data (data center) dan pusat penanggulangan bencana (Disaster Recovery Center - DRC) yang berada di wilayah Jatiluhur, Jawa Barat, telah dibangun sejak tahun 2017. Ini merupakan kelengkapan perusahaan sebagai bagian dari penerapan manajemen risiko serta untuk menunjang otomatisasi perkantoran dan implementasi sistem inti – new core system bilamana terjadi suatu bencana (disaster) yang berdampak signifikan terhadap kelangsungan perusahaan. Dengan difungsikannya kelengkapan ini saat terjadi bencana, Perusahaan diharapkan tetap beroperasi dan melayani nasabahnya. Setiap waktu, perkembangan dan kesiapan data center serta DRC senantiasa dilakukan pemantauan, dengan demikian kelengkapan ini akan selalu siap manakala dibutuhkan. Pandemi Covid-19 belum berakhir, kami tetap menjalankan dan mengantisipasi pelaksanaan BCP (Business Continuity Plan), di antaranya melalui sistem penyebaran kerja (remote offices) dengan tetap mempertahankan dan mengedepankan pelayanan.
Perseroan terus mencermati dan mengantisipasi setiap perubahan yang terjadi dengan mengantisipasi dan melakukan penyesuaian yang diperlukan sebagai bagian dari tantangan dan peluang untuk menunjukkan bahwa perseroan akan bekerja lebih baik dan peka terhadap keadaan dan tetap tunduk kepada peraturan dan perundang-undangan di bidang perasuransian dengan memberikan kontribusi positif kepada pemangku kepentingan.
Selama tahun 2022 dan berlanjut di tahun 2023, dalam ikut menanggulangi penyebaran pandemi Covid-19, Tim Gugus Tugas Penanggulangan Penyebaran Pandemi Covid-19 yang dibentuk Perusahan telah bekerja dengan baik. Tim yang dipimpin oleh Direksi telah melakukan upaya terbaiknya untuk meredam penyebaran pandemi Covid-19 di lingkungan Perusahaan maupun masyarakat sekitar. Upaya pencegahan terbaik telah dilakukan oleh Tim mulai dari pemberian informasi protokol kesehatan, pemberian vitamin, juga seminar-seminar tentang kesehatan dan turut dalam pemberian vaksinasi pertama, kedua dan vaksin booster.
Di tengah kondisi ekonomi tahun 2022 yang membaik, kami sepenuhnya mendapat dukungan Dewan Komisaris atas langka-langkah dan kebijakan yang terbaik yang kami jalankan untuk Perseroan, khususnya pelanggan, karyawan, mitra usaha, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan, termasuk kebijakan Perusahaan dengan mematuhi protokol kesehatan.
Pada kesempatan ini secara khusus Direksi mengucapkan terima kasih Kepada Dewan Komisaris atas arahan untuk memperhatikan 3 (tiga) penting dalam menjalankan usaha di tahun 2023, yaitu: 1. Isu fundamental terkait Penerapan UU P2SK untuk industri sektor keuangan di Indonesia; 2. Penaikan suku bunga oleh Bank Sentral Amerika Serikat (the Federal Reserve); 3. Isu non-fundamental – aktivitas politik menyongsong pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang akan mempengaruhi dinamika industri sektor keuangan di Indonesia.
Perusahaan optimis mampu menjaga kinerja yang baik dan menciptakan nilai bagi seluruh pemangku kepentingan di tahun 2023 dan mampu menjalankan amanah UU P2SK. Perusahaan akan tetap konsisten dengan perekrutan agen dan inovasi-inovasi baru agar produksi Perusahaan meningkat. Untuk itu dalam rangka memotivasi optimisme bahwa kinerja tahun 2023 lebih meningkat lagi, kami mencanangkan tagar 2023 “Collaborate, Accelerate, Elevate”.
Komitmen kami akan tetap menjalankan CARE – Customer Oriented, Aspire People to Grow Together, Responsible to Stakeholders, Empowerment to Community, karena kami percaya bahwa seluruh visi, misi dan nilai nilai hakiki merupakan landasan kokoh bagi seluruh pemangku kepentingan atau bagi mereka yang selalu bersama CAR. Untuk itu sepenuhnya kami akan mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan.
Dalam kesempatan ini, Direksi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, khususnya kepada seluruh Pemegang Polis, Peserta, Nasabah, Pemegang Saham, seluruh Staf dan Agen CAR, serta Mitra Kerja, bahwa selama tahun 2022 Perseroan dapat tumbuh menjadi seperti saat ini karena terjadinya kerja keras, kerja sama yang erat dan berkesinambungan. Dan kami tetap berharap dan berdoa agar seluruh karyawan dan keluarganya tetap sehat.
Mohon doa dan dukungannya untuk melangkah sukses di tahun 2023 serta tahun-tahun yang akan datang dan dengan keadaan dunia menjadi lebih damai.
Salam hormat,
PT AJ Central Asia Raya