KEBIJAKAN PRIVASI PT ASURANSI JIWA CENTRAL ASIA RAYA

 

Kami, PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya dan DPLK Central Asia Raya (“Kami” atau “CAR Life Insurance”) berkomitmen untuk melaksanakan Pelindungan Data Pribadi.

 

Untuk itu dalam rangkaian pemrosesan Data Pribadi dari calon nasabah atau nasabah, mitra bisnis, dan subjek Data Pribadi lainnya (“Anda”) akan Kami lindungi hak-haknya sesuai ketentuan perundang-undangan berikut ketentuan turunan dan perubahannya di kemudian hari.

 

Data Pribadi adalah data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non-elektronik.

 

Anda perlu membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini sehingga dapat memahami tujuan pemrosesan Data Pribadi dan perlindungan yang kami lakukan terhadap Data Pribadi Anda.

 

Kami dapat mengubah Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu pada situs web atau aplikasi Kami.

 

Legalitas dari Pemrosesan Data Pribadi

Legalitas atau dasar Kami, selaku pengendali Data Pribadi dalam pemrosesan Data Pribadi Anda adalah sebagai berikut:

  1. Persetujuan yang sah secara eksplisit dari Anda;
  2. Pemenuhan kewajiban perjanjian atau kontrak atau polis, apabila Anda menjadi salah satu pihak atau dalam rangka memenuhi permintaan Anda pada saat melakukan perjanjian atau kontrak atau polis;
  3. Pemenuhan kewajiban hukum dari Kami sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  4. Pemenuhan perlindungan kepentingan Anda;
  5. Pelaksanaan tugas dalam rangka kepentingan umum, pelayanan publik atau pelaksanaan kewenangan Kami berdasarkan peraturan perundang-undangan; dan/atau
  6. Pemenuhan kewajiban yang sah lainnya dan mempertimbangkan kebutuhan bisnis dengan memperhatikan tujuan, kebutuhan dan keseimbangan kepentingan Kami dan hak Anda;
  7. Dasar pemrosesan Data Pribadi lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Tujuan Pemrosesan Data Pribadi

Kami memproses Data Pribadi Anda dengan tujuan secara umum adalah dalam rangka menyediakan layanan dan kegiatan operasional lainnya, yang mencakup:

1. Administrasi produk dan layanan

  • Merancang produk dan layanan;
  • Pengajuan permohonan asuransi;
  • Penerbitan dan pengiriman polis;
  • Penilaian risiko asuransi, termasuk penilaian profil risiko dan proses KYC (Know Your Customer);
  • Kegiatan operasional Kami, termasuk memfasilitasi pembelian/penutupan produk asuransi yang disertai proses pembayaran;
  • Pengajuan dan penanganan klaim, termasuk pemeriksaan dan investigasi klaim;
  • Pemrosesan dan pembayaran manfaat asuransi/klaim;
  • Keperluan ko-asuransi, termasuk penanganan klaim yang timbul karenanya;
  • Kerja sama reasuransi;
  • Pembayaran komisi kepada mitra bisnis Kami;
  • Penanganan keluhan, pertanyaan dan saran dari Anda;
  • Tujuan lainnya dalam rangka penyediaan layanan kepada Anda.

 

2. Perekrutan Karyawan dan Agen

  • Pemeriksaan latar belakang;
  • Pemeriksaan Kesehatan;
  • Dokumentasi dan administrasi sehubungan dengan proses perekrutan dan pelaksanaannya;
  • Pemberhentian;
  • Tujuan lainnya dalam rangka perekrutan.

 

3. Pengunjung Situs, Aplikasi dan Media Sosial

Memberikan akses, melakukan pemeliharaan dalam rangka peningkatan operasional situs, aplikasi dan media sosial Kami.

 

4. Kegiatan lainnya

  • Pemenuhan terhadap perintah pengadilan, hukum dan peraturan perundang-undangan;
  • Pelaksanaan kerja sama dengan mitra bisnis yang berkaitan dengan kegiatan operasional Kami, yang dilaksanakan dengan persetujuan tertulis atau terekam dari Anda;
  • Menunjang kegiatan bisnis, termasuk pada pemulihan bencana dan penyimpanan data, dengan adanya persetujuan tertulis atau terekam terlebih dahulu dari Anda;
  • Pelaksanaan aksi korporasi yang sudah mendapat persetujuan tertulis atau terekam dari Anda dan dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan, dengan persetujuan dari Anda;
  • Pelaksanaan audit, kepatuhan dan investigasi dalam kaitannya dengan pemenuhan hak dan kewajiban Kami dan grup korporasi Kami;
  • Pemenuhan tujuan, kebutuhan dan keseimbangan kepentingan lainnya yang akan Kami beritahukan kepada Anda.

 

Jenis, Relevansi Data Pribadi dan Rincian Informasi yang Diproses

  • Data Pribadi yang bersifat umum seperti, nama lengkap, jenis kelamin, kewarganegaraan, agama, status perkawinan, nomor telepon, nomor telepon seluler, tempat dan tanggal lahir, alamat, nama gadis ibu kandung.
  • Data Pribadi yang bersifat spesifik, seperti data dan informasi kesehatan, termasuk namun tidak terbatas kepada data biometric, data genetika, data anggota keluarga, data keuangan dan informasi pekerjaan.
  • Nomor kartu identitas atau paspor.
  • Data aktivitas digital Anda, seperti riwayat penjelajahan, pola atau informasi unik lainnya (temasuk informasi cookies di situs web Kami), alamat protokol internet anda dan informasi yang terkait dengan itu.
  • Produk dan layanan Kami yang Anda miliki, serta produk dan layanan yang Anda minati, termasuk metode pembayaran terkait yang Anda gunakan.
  • Penggunaan produk dan layanan Kami, termasuk riwayat klaim dan rinciannya.
  • Informasi yang didapat dari pihak ketiga, termasuk informasi risiko asuransi, riwayat klaim, biaya, riwayat kredit publik dan informasi lainnya yang berkaitan.
  • Informasi terkait dengan perkara hukum termasuk namun tidak terbatas kepada catatan kriminalitas, penipuan, pencurian, utang, dan pelanggaran hukum lainnya.
  • Informasi tentang riwayat keuangan, seperti gaji dan pendapatan lainnya, tabungan, pengeluaran, dan metode pembayaran, status pekerjaan, tempat tinggal.
  • Informasi pribadi lainnya yang diperlukan secara wajar untuk Kami dapat menyediakan produk dan layanan kepada Anda.
  • Informasi pribadi lainnya yang diizinkan atau diwajibkan untuk mematuhi ketentuan hukum atau kode etik, berikut perubahannya dari waktu ke waktu.

 

Jangka Waktu Pemrosesan dan Retensi Dokumen yang memuat Data Pribadi

Dalam rangka pemrosesan Data Pribadi sesuai tujuan pemrosesan tersebut diatas, maka Kami menyimpan Data Pribadi Anda dalam jangka waktu tertentu sesuai ketentuan retensi pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Hak Subjek Data Pribadi

Anda selaku subjek Data Pribadi memiliki hak-hak sesuai ketentuan perundang-undangan adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan informasi tentang kejelasan identitas, dasar penggunaan hukum, tujuan permintaan dan penggunaan Data Pribadi dan akuntabilitas pihak yang meminta Data Pribadi;
  • Melengkapi, memperbarui, memperbaiki kesalahan atau ketidakakuratan Data Pribadinya;
  • Mendapatkan akses dan memperoleh salinan Data Pribadinya;
  • Mengakhiri pemrosesan, menghapus, memusnahkan Data Pribadinya;
  • Menarik kembali persetujuan pemrosesan Data Pribadinya yang telah diberikan;
  • Mengajukan keberatan atas tindakan pengambilan keputusan yang hanya didasarkan pada pemrosesan secara otomatis termasuk pemrofilan yang menimbulkan akibat hukum atau berdampak signifikan;
  • Menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi secara proporsional sesuai tujuan pemrosesan;
  • Menggugat dan menerima ganti rugi atas pelanggaran pemrosesan Data Pribadinya;
  • Mendapatkan, menggunakan atau mengirimkan Data Pribadinya dari Kami ke Pengendali Data Pribadi lainnya, dalam bentuk sesuai struktur dan format yang dapat dibaca oleh sistem elektronik sesuai ketentuan perundang-undangan.

 

Anda perlu memahami penggunaan hak-hak Anda tersebut diatas dapat mempengaruhi kemampuan Kami dan mitra bisnis kami untuk menyediakan produk dan layanan kepada Anda. Termasuk pengakhiran atas satu atau beberapa perjanjian Anda dengan Kami ataupun potensi pembatasan penggunaan produk dan layanan Kami.

 

Pelaksanaan hak-hak Anda dapat dikomunikasikan melalui sarana komunikasi Kami.

 

Pemrosesan Data Pribadi yang Dilakukan Berdasarkan Pengambilan Keputusan yang Bersifat Otomatis

Apabila diperlukan, Kami dapat memproses Data Pribadi Anda yang dilakukan berdasarkan pengambilan keputusan yang bersifat otomatis, namun Anda tetap dapat mengajukan keberatan.

 

Hubungi Kami 

Apabila Anda memiliki pertanyaan, keluhan atau ingin menghubungi Kami seputar Kebijakan Privasi dapat menghubungi Kami melalui telepon 021-56961929 atau melalui e-mail ke lancar@car.co.id