KONTRIBUSI CAR LIFE INSURANCE MENINGKATKAN

 LITERASI DAN EDUKASI ASURANSI UNTUK MAHASISWA

DI UNIVERSITAS PRASETIYA MULYA

 

 DSC07082

 

Serpong, 7 Desember 2023. Tingkat literasi mengenai asuransi di Indonesia hingga saat ini masih tergolong rendah. Berdasarkan data hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2022, tingkat literasi pada sektor perasuransian masih berada di bawah literasi sektor perbankan, yaitu pada level 31,72 persen. Sementara tingkat literasi sektor perbankan mencapai 49,93 persen.

 

Fenomena tersebut mendorong CAR Life Insurance untuk berperan aktif meningkatkan literasi dan edukasi asuransi masyarakat Indonesia, yaitu salah satunya melalui kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, CAR Life Insurance bekerjasama dengan Universitas Prastiya Mulya (Prasmul) School of Applied STEM melalui Program Studi Business Mathematics menggelar kegiatan literasi dan edukasi asuransi untuk mahasiswa yang mengusung tema “Gen Z’s Money Mindset: Shaping Finance’s Future”.

 

Kegiatan ini sebagai salah satu upaya CAR Life Insurance meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya asuransi dan perencanaan keuangan sejak usia muda. Melalui pengetahuan asuransi dan perencanaan keuangan yang diberikan, mahasiswa dan mahasiswi Prasmul diharapkan dapat mulai memahami serta menggunakan produk dan layanan keuangan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pada kesempatan ini mahasiswa dan mahasiswi juga dibekali dengan pengetahuan dasar mengenai manfaat asuransi jiwa, kemampuan membuat rencanan keuangan yang baik, serta bertanggung jawab atas keputusan keuangan yang diambil sehingga mereka dapat mempersiapkan perlindungan diri dan merencanakan keuangan dengan baik di masa depan.

 

Sebagai narasumber, CAR Life Insurance membawa tiga sosok berpengalaman di bidang asuransi untuk membagikan pengetahuan dan inspirasi mereka kepada para mahasiswa yaitu Heriawan Tinambunan selaku Chief Agency Officer CAR Life Insurance yang juga merupakan alumni Program Magister Prasmul, Angelina Juwono seorang Insurance Expert, hingga Aaron Patric Wibowo salah satu tenaga pemasar CAR Life Insurance yang diusia belianya telah mencapai posisi Sales Manager dengan berbagai prestasi membanggakan.

 

Acara ini juga dihadiri oleh ketua literasi dan edukasi CAR Life Insurance Ervina. Sementara Prasmul dihadiri antara lain oleh Ketua Program Pendidikan Kooperatif (Co-Op) Faizah Sari, Ph.D. dan Ketua Program Studi Business Mathematics Maria Zefanya Sampe, M.Si., M.M.

 

DSC07212 (1)

 

Kegiatan literasi dan edukasi yang diadakan di Kampus Prasetiya Mulya, Bumi Serpong Damai (BSD) ini diikuti oleh kurang lebih 115 mahasiswa Prasmul. Para mahasiswa pun nampak antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Sebagai apresiasi kepada para mahasiswa yang telah hadir pada acara tersebut, CAR Life Insurance memberi mereka asuransi kecelakaan gratis dan sertifikat acara. Tak hanya itu, untuk menambah keseruan CAR Life Insurance juga menyediakan hadiah bagi mahasiswa yang aktif bertanya, mengadakan kuis interaktif berhadiah, hingga door prize bagi yang beruntung.

 

DSC07271

 

Selain mengadakan literasi dan edukasi, CAR Life Insurance juga menjalin kerjasama dalam bentuk internship dengan mahasiswa Prasmul. Sebagaimana diketahui School of Applied STEM Prasmul memiliki bidang studi aktuari yang menjadi salah satu unggulan Program Studi Business Mathematics. Melalui kerjasama ini diharapkan dapat mendekatkan industri asuransi dengan perguruan tinggi. Disamping itu, bisa memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang dunia kerja di bidang asuransi yang menawarkan berbagai profesi penting bagi para lulusan Prasmul, seperti: aktuaris, akuntan, underwriting, klaim, hingga pemasaran.